Jumat, 22 November 2013

Cara Menghitung Persentase dengan Microsoft Excel

Apabila ditarik definisi dari Persentase maka kita akan mendapati bahwa Persentase adalah nilai perbandingan atau rasio yang menyatakan pecarah dari angkat genap 100. Menggunakan 100 untuk menunjukkan bahwa persentase tersebut menjadi bagian dari kesatuan 100%.
Menghitung presentase menggunakan Microsoft Excel
Untuk menghitung persentase secara manual kita harus menggunakan rumus sebagai berikut:
Presentase dari data kompleks pada Excel
Sebagai contoh misalnya Anda ingin menghitung soal cerita berikut ini:
Ibu Sani memiliki pisang goreng 20 buah, 8 di antaranya sudah terjual. Berapa persenkah pisang goreng yang berhasil dijual oleh ibu Sani?
Jika menggunakan rumus di atas maka rumusnya adalah sebagai berikut: 8/20 x 100%. Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, kita coba langsung gunakan Microsoft Excel.
  • Jalankan Microsoft Excel dan isikan dahulu datanya, kemudian pertama ketik tanda sama dengan (=), kemudian arahkan mouse ke kolom C3 atau angka 8, lalu ketikkan tanda garis miring atau tanda bagi (/) dan klik kolom B3 atau angka 20, selanjutnya klik tanda kali (*) dan ketikkan angka 100 lalu tekan Enter. Hasilnya berapa? Yap, benar 40%.
Rumus prosenstase dan persen pada Microsoft Excel
  • Atau Anda dapat menggunakan cara kedua. Pertama ketik tanda sama dengan (=), kemudian arahkan mouse ke kolom C3 atau angka 8 dan klik, lalu ketikkan tanda garis miring atau tanda bagi (/) dan klik kolom B3 atau angka 20, selanjutnya klik tanda persen (%) lalu tekan Enter. Hasilnya pasti sama; 40%.
Peroses perhitungan prosentase dengan menggunakan Microsoft Excel
  • Ini hasil akhir menggunakan dua cara penghitungan di atas.
Hasil perhitungan prosetase dari sebuah data di Excel
Jika data Anda banyak, Anda cukup menarik kotak pertama hingga seluruh data terhitung dengan benar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Cukup mudah bukan? Dengan begini anda tidak perlu lagi bingung ketika ingin menghitung data dan prosesntase  dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567