Jumat, 22 November 2013

Tutorial Membuat Diagram Pie di Ms Excel

Meski tidak sulit, tetapi masih banyak pengguna komputer di level pemula yang kebingungan membuat diagram pie di dokumen Microsoft Excel. Panduan kali ini akan membahas step by step membuat diagram pie dengan menggunakan data sederhana di Microsoft Excel. Diagram pie sangat cocok digunakan untuk menunjukkan perbandingan dari satu kategori data misalnya data jumlah penduduk untuk beberapa daerah di Indonesia. Dengan menggunakan diagram pie, kita dengan mudah membedakan berapa populasi data di daerah tertentu bahkan dapat ditunjukkan dalam bentuk persentase.
Cara membuat diagram Pie di Microsoft Excel
Ada beberapa jenis diagram pie yang dapat digunakan, seperti:
  • Pie: Jenis diagram biasa di mana setiap bagian pie tergabung dalam satu bagian lingkaran
  • Pie Explored: Jenis diagram yang setiap bagian data terpisah dengan tampilan 2D atau 3D
  • Pie to pie: Kombinasi dua pie yang saling berhubungan
  • Bar to Pie: Kombinasi diagram pie dan kotak persegi dengan data yang telah ditentukan
Tutorial Membuat Diagram Pie di Microsoft Excel
  • Buka data Microsoft Excel Anda, kemudian blok seluruh data kecuali tanggal atau nomor kemudian klik menu ribbon Insert dan klik Pie – pada bagian 3D Pie klik Explored Pie in 3-D atau jenis lainnya sesuai keingingan Anda.
Diagram Pie di MS Excel
  • Ini jadinya diagram pie dari data Anda, tapi sampai di sini belum selesai, ada beberapa bagian yang perlu dipermak seperti data tabel yang tidak muncul di potongan pie. Kecuali Anda tidak ingin perubahan lagi, maka pekerjaan kita selesai sampai di sini.
Cara membuat diagram di Microsoft Office Excel
  • Untuk memudahkan analisa data, ada baiknya Anda memunculkan nilai data di potongan pie bisa berupa data sesungguhnya atau persentase. Caranya pertama klik pada potongan diagram kemudian klik kanan mouse Anda dan klik Add Data Labels.
Menambahkan diagram di Microsoft Excel
  • Maka hasilnya akan seperti ini.
Contoh diagram yang dibuat dari Microsoft Excel
  • Bila Anda ingin label dalam format persentase Anda dapat merubah dengan klik kanan pada potongan pie dan klik Format Data Labels.
Format diagram di MS excel
  • Rubah tanda centang default ke Percentage dan Show Leader Lines kemudian klik tombol Close.
Persentase dan diagram Pie di Excel
  • Hasil akhirnya seperti ini.
 Hasil dari persentase Diagram Excel
Tidak sesulit yang Anda bayangkan bukan? Yang perlu Anda pelajari kemudian adalah bagaimana merubah warna dan juga bagaimana mengolah data yang sudah dibuatkan diagram pie. Selamat belajar ya.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567